Chat with us, powered by LiveChat
Home / Marketing Communications / 5 Tips Jualan di Marketplace Agar Kebanjiran Orderan

5 Tips Jualan di Marketplace Agar Kebanjiran Orderan

Bebaslogin РPerkembangan marketplace di Indonesia memang cukup cepat dalam beberapa tahun terakhir. Tidak heran, kini mulai banyak sekali orang yang memanfaatkan marketplace sebagai tempat untuk berbelanja dan semakin banyak pula orang yang berjualan di Marketplace.

Sekarang ini, mungkin ada jutaan toko online tersebar di berbagai marketplace. Contoh Marketplace di Indonesia adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Bli-Bli, Lazada, Elevenia, JD.ID, Blanja.com. Sedangkan contoh marketplace internasional adalah Amazon, Ebay, Taobao, Alibaba, Wallmart dan Shopify.

Begitu mudahnya menjual dan juga membeli barang lewat marketplace sampai kini sudah didukung dengan mudahnya bertransaksi melalui fitur cash virtual, promo diskon, gratis ongkir dan flash sale. Namun, meskipun banyak pembeli yang menggunakan Marketplace sebagai salah satu tempat berbelanja, namun kerap kali ada saja keluhan dari penjual.

Mereka sering sekali mengeluhkan betapa sulitnya mencari pembeli disana. Karena harus bersaing dengan banyak toko lainnya yang menjual barang serupa, bahkan dengan harga yang lebih murah.

5 Tips Jualan di Marketplace Agar Kebanjiran Orderan

5 Tips Jualan di Marketplace Agar Kebanjiran Orderan

Nah, untuk yang ingin mengalami hal serupa, berikut ini tips dan trik berjualan di Marketplace agar kebanjiran order setiap harinya, yakni:

  • Pakai Foto Kualitas Super

Apa yang pertama kali dilihat oleh pembeli sebelum membeli barang online? Fotonya. Maka dari itu, jangan asal foto produk yang dijual di Tokopedia. Pastikan untuk menggunakan foto terbaik yang ada. Jika anda seorang penjual yang menerima barang dari supplier, biasanya akan diberikan foto dari supplier tersebut. Hal ini akan membuat anda memiliki foto yang sama dengan banyak penjual lainnya.

Jika perlu edit sedikit gambar tersebut agar lebih menarik. Jika perlu, pasang foto yang digunakan oleh si pembuat. Misalnya, anda menjual sepatu mereka Adidas Neo. Jangan pasang foto yang diberikan supplier. Tapi pasang foto Adidas Neo serupa yang diposting di media sosial Adidas. Dengan begitu foto akan jadi lebih menarik. Pastikan juga foto dan barang serupa. Jangan sampai pasang foto yang tidak sesuai dengan barang, karena akan mengecewakan konsumen.

  • Upload Beberapa Foto Untuk Satu Item

Semakin sedikit foto produk yang dipasang, makin semakin kecil pula keinginan pembeli untuk membeli produk. Maka dari itu, pastikan untuk mengupload banyak foto terbaik dari produk. Jika perlu, foto dari berbagai sisi sehingga pembeli bisa melihat dengan jelas fotonya. Paling tidak, upload 3 hingga 5 foto produk. Jangan sampai memasang foto kurang dari 2 foto karena hal ini membuat pembeli malas melanjutkan transaksi.

  • Deskripsi Lengkap Penuh Keyword

Deskripsikan yang lengkap juga sama pentingnya dengan yang di foto. Karena ada banyak orang yang membutuhkan barang dan membutuhkan informasi lengkap sebelum membeli. Hal ini penting untuk dituliskan, selain dari segi pembeli, dari sudut pandang penjual, hal ini juga penting. Karena dengan menuliskan deskripsi yang lengkap dan penuh kata kunci, nantinya akan memudahkan produk ditemukan oleh pembeli ketika melakukan pencarian.

  • Fast Response Adalah Kunci

Fitur chat dan diskusi merupakan fitur terpenting yang digunakan untuk berinteraksi antara penjual dan pembeli. Pembeli akan memberikan kepercayaan dan penjual akan mendapatkan kredibilitas saat pertanyaan, pesan dan diskusi direspon dengan cepat. Tapi tidak hanya cepat, pertanyaan juga perlu dijawab dengan lengkap, sehingga pembeli bisa mendapatkan informasi lebih.

  • Toko Segmented

Meskipun satu toko bisa menjual apa saja yang akan dijual, namun sebaiknya si penjual memilki toko yang segmented dan tidak dicampur aduk satu sama lainnya. Misalnya, kita ingin menjual smartphone, hanya jual smartphone dan aksesorisnya. Jika ingin menjual laptop, hanya jual laptop dan aksesorisnya, jika kita jual pakaian wanita, hanya jual pakaian wanita saja dan lainnya yang masih dalam kategori pakaian wanita. Hal ini agar pembeli yakin bahwa toko kita profesional dan memang ahli dalam bidangnya.

Itulah kelima tips dan trik sukses jualan di marketplace. Setelah anda menerapkan ke 5 cara diatas tersebut, kemungkinan besar anda akan dibanjiri order dari pelanggan dan reputasi toko anda akan meningkat. Semoga cara berjualan di marketplace ini bisa bermanfaat bagi anda pejuang bisnis online.

About artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *